June 19, 2024

Selasa, 7 Mei 2024, Bank Indonesia Provinsi Lampung menggandeng mahasiswa ITSNU (Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama) dan UIN Raden Intan Lampung Menggelar Kegiatan Sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah, QRIS, sekaligus Edukasi Ekonomi Syariah.  Kegiatan kunjungan edukasi bertajuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship sejak dini itu dilaksanakan di Aula Bank Indonesia Provinsi Lampung.

Acara itu dibuka langsung oleh Manager Bank Indonesia Ibu Yosi.  Dalam sambutannya, Ia mengatakan bahwa untuk membangun UMKM saat ini perlu pengetahuan dasar seperti tentang rupiah, mana uang palsu dan uang asli.  Selain itu UMKM diharapkan paham akan manfaat QRIS dalam memudahkan pelaku UMKM untuk menjalani usaha/niaganya.

Gerakan cinta rupiah ini harus dibudayakan karena rupiah merupakan salah satu simbol negara dan menjaga kedalautan bangsa,” jelasnya.  Dari hasil survey yang dilakukan oleh Bank Indonesia bahwa usia mahasiswa saat ini sudah cukup baik dalam mencintai rupiah, namun masih banyak juga mahasiswa yang tidak aware dalam menjaga rupiah contohnya cara penyimpanan nilai uang rupiah kertas.  Oleh karena itu, uang yang layak edar saat ini perlu disayangi dan dirawat dengan cara, yakni dengan 5 T (Tidak Melipat, Tidak Meremas, Tidak Mencoret, Tidak Men-stapler, Tidak Membasahi).

Lanjutnya, Bank Indonesia juga sudah mengeluarkan sistem QRIS yang membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan transaksi digital sehingga lebih memudahkan konsumennya di era industry 4.0 ini.  Selain memberikan sosialisasi bagaimana cara mengenali karkateristik uang rupiah dan penggunaan QRIS, BI juga mengedukasi tentang ekonomi syariah pada mahasiswa.  Disela-sela sosialisasi dan edukasi yang dihadiri 70 mahasiswa/I, terdapat beberapa kuis dan games dari pemateri yang diberikan BI, sehingga acara kegiatan yang dilakukan pada tanggal 7 Mei 2024 ini berjalan dengan khidmat, menarik, dan menyenangkan.

Selain mahasiswa yang berjumlah 30 orang, hadir juga dosen yang mendampingi pada kegiatan ini yaitu Andi Danata, M.P, Astri Shabrina, M.Si, Suci Amalia, M.P, Yunita Widia Putri, M.Pd dan Tisar Dewi Pratiwi, M.Si. Bagi para dosen ITS NU Lampung, kegiatan ini sangat berarti untuk meningkatkan kesadaran entrepreneurship bagi mahasiswa yang akan menjadi tulang punggung masa depan bangsa.
Selain mahasiswa yang berjumlah 30 orang, hadir juga dosen yang mendampingi pada kegiatan ini yaitu Andi Danata, M.P, Astri Shabrina, M.Si, Suci Amalia, M.P, Yunita Widia Putri, M.Pd dan Tisar Dewi Pratiwi, M.Si. Bagi para dosen ITS NU Lampung, kegiatan ini sangat berarti untuk meningkatkan kesadaran entrepreneurship bagi mahasiswa yang akan menjadi tulang punggung masa depan bangsa. (SA/AN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *